Wajah Baru Malioboro, Pusat Wisata Kota Jogja

Tugu Yogyakarta

Beberapa hari yang lalu, saya sempat menyambangi Malioboro sejenak, sekadar menikmati es krim sambil melihat keramaian kota. Meskipun saya berdomisili di Jogja, tapi jujur saja, saya jarang sekali menikmati suasana senja di sini. Maklum saja, Malioboro tak senyaman dulu.

Namun kunjungan terakhir saya kesana memberikan kesan yang berbeda. Saya terpukau dengan perubahan yang sangat mencolok di kawasan ini. Malioboro yang dulunya berantakan, macet, dan padat semena-mena, kini mulai cantik dan nyaman untuk disinggahi.

Trotoar Malioboro
Trotoar Malioboro

Benar saja, dulunya Malioboro merupakan kawasan padat wisatawan baik domestik maupun mancanegara, konon katanya, belum ke Jogja namanya jika belum belanja di Malioboro. Mungkin bagi mereka wajar sih, karena mereka nggak merasakan keramaian setiap harinya. Tapi bagi saya, saya akan mempertimbangkan lagi jika harus ke Malioboro.

Malioboro, Ikon Wisata Kota Jogja
Malioboro, Ikon Wisata Kota Jogja

Tapi kini Malioboro menampilkan ikon cantiknya yang tentunya akan memberikan kenyamanan bagi yang mengunjunginya. Melalui program dan perencanaan yang matang, pemerintah daerah setempat merubah total tatanan kotanya terutama kawasan Malioboro itu sendiri. Mulai dari dibangunnya area parkir untuk menampung kendaraan wisatawan hingga bangku-bangku cantik yang dipasang di trotoarnya. By the way, area ini juga dilengkapi koneksi wifi juga loh, tentunya akan sangat bermanfaat bagi wisatawan.

Malioboro, Ikon Wisata Kota Jogja
Malioboro, Ikon Wisata Kota Jogja

Yogyakarta memang berhati nyaman, nyaman tempatnya dan ramah pula orang-orangnya. Saya merasa berada dirumah, apalagi ditambah lantunan music angklung pengamen jalanan. Ah, syahdu!

Meskipun tidak ada yang sempurna di dunia ini, tentunya perubahan yang sangat signifikanpun memiliki beberapa kekurangan. Area parkir yang begitu jauh, tentunya sangat tidak direkomendasikan untuk wisatawan yang tidak terbiasa berjalan kaki jauh. Namun, tidak perlu khawatir, Malioboro hadir untuk bisa dinikmati semua wisatawan, jika capek berjalan kamu bisa memanfaatkan bangku yang tersedia untuk beristirahat sejenak juga kok. 😀

Jogja memang istimewa segalanya. 😀

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan