Wisata Museum dan Nongkrong Asik di Pabrik Gula Gondang Winangoen

Pintu Masuk Museum Gondang Winangoen

Sesampainya di depan pabrik ini, saya terpukau dengan perubahan tatanan kawasan ini. Dilengkapi dengan air mancur dan warna-warni pagar yang sengaja di cat cantik, menambah minat para pengunjung untuk sekadar mampir kesini karena penasaran.

Museum Gula Jawa Tengah
Museum Gula Jawa Tengah

Komplek pabrik gula ini sendiri terletak di desa Gondang, Plawikan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. Tepat berada di Jalan Jogja – Solo museum ini sangatlah mudah untuk ditemukan. Meskipun saya berdomisili di Klaten saat ini, namun ini kali pertama saya mengexplore pabrik gula yang sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda.

Saat ini pabrik gula Gondang Winangoen masih beroperasi dan menghasilkan gula setiap tahunnya. Di samping itu, Pabrik ini juga sedang digarap sebagai destinasi wisata edukasi yang kedepannya bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi yang mengunjunginya.

Eksterior Pabrik Gula Gondang Winangoen
Eksterior Pabrik Gula Gondang Winangoen

Cukup dengan membayar 5.000 saja, saya sudah diperbolehkan untuk menjelajah semua kawasan pabrik tersebut. Banyak spot yang menarik disini. Mulai dari peralatan yang digunakan untuk mengolah gula dari tebu hingga transportasi yang digunakan untuk mengangkut tebu-tebu yang sudah dipanen untuk diolah menjadi gula.

Kereta Tua dan Rel Kereta Angkut Tebu-Tebu Yang Dipanen
Kereta Tua dan Rel Kereta Pengangkut Tebu-Tebu Yang Dipanen.

Selain pabrik gula, disini terdapat area outbond seperti flying fox, water boom, water park, water slidding, spider web, hingga taman lalu lintas yang pastinya cocok untuk wisata edukasi. Namun, waktu saya kesana, saya tidak menemukan area ini, mungkin karena saya datang di hari biasa. Dan juga pabrik ini menyediakan gedung pertemuan yang mampu menampung hampir 1000 orang. Biasanya disewakan untuk acara resepsi pernikahan. Ada juga homestay yang bisa disewakan disana, tentunya dengan model bangunan Belanda. Ah otentik.

Homestay Gondang Winangoen
Homestay Gondang Winangoen.

Ada juga bangku-bangku yang disediakan untuk pengunjung, biasanya digunakan anak muda-mudi untuk mengerjakan tugas atau berdiskusi bahkan hanya sekadar bercengkerama dengan teman.

Area Outdoor Museum Pabrik Gula.
Area Outdoor Museum Pabrik Gula.

Buka sampai pukul 22.00 pabrik gula ini cocok digunakan untuk bersantai sembari menikmati keramaian jalanan. By the way, disini juga ada restaurant yang menyediakan makanan nusantara loh, jika kamu sudah lelah menjelajahi semua area pabrik, kamu bisa mampir ke restaurant untuk sekadar menikmati makan siang. Selamat berakhir pekan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan