Brown Canyon, Destinasi Wisata Semarang Yang Tak Sengaja Jadi Primadona

Brown Canyon, Semarang.

Ini bukan Grand Canyon yang terletak di Amerika Serikat, ini Brown Canyon milik Indonesia. Brown Canyon, begitulah orang sering menyebutnya. Destinasi wisata baru di Semarang yang lagi santer diperbincangkan khalayak umum disekitarnya.

Brown Canyon, Semarang.
Brown Canyon, Semarang.

Destinasi yang terletak didaerah Rowosari, Tembalang, Semarang ini belum begitu banyak diketahui orang. Namun, tempatnya yang instagramable ini akan mudah ditemukan apalagi telah banyak diposting di social media. Dengan pemandangannya memukau nan tinggi, sayang jika harus dilewatkan bukan?

Sewaktu saya berkunjung ke Semarang, saya menyempatkan sebentar untuk mampir ke tempat wisata ini. Meskipun perlu diketahui, Brown Canyon bukanlah tempat wisata. Destinasi wisata ini merupakan tempat tambang penggalian yang tak sengaja dijadikan destinasi wisata dan juga primadona.

Pengerukan besar-besaran ini tak sengaja menjadikan tempat ini menjadi unik dan indah dipandang mata apalagi untuk sebuah kamera.

Brown Canyon
Aktivitas penambangan di Brown Canyon

Untuk mencapai kawasan ini, saya hanya cukup memanfaatkan GPS di ponsel pintar saya. Kurang lebih satu jam dari pusat kota Semarang, sayapun tiba di kawasan ini. Tentunya dengan medan yang tak biasa ya, jalanan tak beraspal, berdebu dan tak jarang berpapasan dengan truk-truk muatan. Sesampainya disana,  saya dihampiri seorang paruh baya yang memberikan karcis retribusi untuk masuk di kawasan wisata. Entah resmi atau pungutan liar, bagi saya anggap saja membantu perekonomian warga sekitar. Asal tak kelewatan juga sih.

Semilir angin di sore hari, menemani saya sejenak disana. Tak jarang pula debu berterbangan kemana-mana. Jangan lupa bawa masker dan kacamata ya. Namun, sangat disayangkan, tak jauh dari tempat wisata ini kutemukan gundukan sampah yang menggunung dengan indahnya. Entah memang digunakan sebagai tempat pembuangan akhir atau sekadar ulah manusia. Tentunya sangat merusak pandangan mata. Ya, sampah dengan background Brown Canyon itu sendiri.

Brown Canyon
Sisi lain Brown Canyon

Sesungguhnya tempat ini berbahaya, bayangkan saja bukit yang terkikis ini pun lambat laun akan rapuh nantinya. Tak pandang siapa yang berada disekitar, reruntuhannya akan membuatnya sirna.

Traveling dengan mengunjungi tempat anti mainstream tak masalah, tapi tetap utamakan keselamatan ya. Jangan buang sampah sembarangan, setidaknya meskipun disana terdapat tempat pembuangan sampah utama, anggap saja kamu sudah turut menjaga kelestarian wisata Indonesia. Sekiranya semboyan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya” masih sulit untuk dicerna manusia.

Brown Canyon
Brown Canyon

Jujur saja, saya selalu menanamkan prinsip bahwa, paling tidak sekali dalam seumur hidup saya pernah menjadi manusia berguna. Seperti tidak membuang sampah sembarangan misalnya.

Jadi sudahkah kamu melakukan hal berguna hari ini, ceritakan pada dunia ya? 😀

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan