Bukit Mojo Gumelem, Bukit Memesona Yogyakarta Punya!

Pagi itu saya sengaja bangun lebih awal dari biasanya. Ya, saya berencana berburu kabut pagi di kawasan Imogiri. Kabarnya, di kawasan ini banyak destinasi baru yang memesona para pengunjungnya. Salah satunya Bukit Mojo Gumelem. Terletak tak jauh dari Bukit Panguk, Kediwung, Bukit Mojo merupakan destinasi yang patut dijadikan tujuan favorit loh.

Setibanya di Bukit Mojo, saya merasa beruntung. Di sini masih terbilang sepi dan jarang ada pengunjung. Mungkin karena akses jalannya yang belum bagus dan belum banyak petunjuk untuk menuju ke bukit ini menjadi alasan utamanya. Hanya ada beberapa pengunjung saja yang sedang asik berfoto ria. Itupun tak lama kemudian dia pergi begitu saja.

Bukit Mojo
Bukit Mojo

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, saya hanya cukup membayar 8.000 saja untuk dua orang dan tentunya sudah termasuk biaya parkir. Namun, itu merupakan retribusi beberapa bulan yang lalu, yang konon belum seramai saat ini.

Di sini sudah banyak warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Jadi saya tak perlu khawatir apabila merasa haus atau kelaparan. Apalagi saya tiba di sana pagi-pagi sekali, mana perut belum terisi apapun. Pop mie cukuplah ya mengganjal perut yang keroncongan. 😀

Di Bukit Mojo sendiri terdapat beberapa fasilitas yang cukup layak. Sudah ada toilet dan juga gubug-gubug untuk tempat santai sembari menikmati hijaunya pemandangan di sekitarnya. Terdapat pula beberapa gardu pandang yang lucu dan unik, yang sengaja di buat untuk spot berfoto ria tentunya.

Gardu Pandang Bukit Mojo
Gardu Pandang Bukit Mojo

Tak lupa saya bangga dengan warga sekitarnya. Mereka selalu berkreasi dan berusaha keras untuk mengembangkan potensi wisata yang ada dengan berbagai cara. Membangun gardu pandang yang unik dan menarik adalah salah satunya. Entah, sudah ada berapa gardu pandang di buatnya. Tentunya akan membuat instagram saya banjir followers sejadi-jadinya.

Bukit Mojo
Bukit Mojo

Sudah terdapat pula tong sampah di sini. Bahwasanya, warga sekitarpun juga sadar akan lingkungannya dan tahu benar bagaimana cara menjaganya. Tak terlepas dengan saya dan pengunjung lainnya. Ini bukan hanya tanggung jawab pihak pengelolanya, tapi merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaganya.

Bukit Mojo
Bukit Mojo

Menjadi pengunjung yang paham dan peduli itu bukan perkara mudah. Tapi setidaknya buanglah sampahmu sendiri pada tempatnya. Karena kawasan wisata ini tak bisa terlepas dari siapapun yang mampu menjaganya. Jadilah traveler yang bijak ya!

By the way, Selamat Hari Bumi ya!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan