Tujuh Hal Pertama Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Akan Liburan Dengan Budget Pas-pasan

Saat ini liburan merupakan hal wajib dalam kehidupan seseorang. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, orang akan dengan mudah merencanakan liburan, apalagi jika memiliki budget yang memungkinkan. Namun, bagi traveler yang hanya memiliki budget pas-pasan, tentunya perlu perencanaan yang matang, bukan? Nah, berikut adalah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan traveling namun dengan budget pas-pasan.

1. Kemana?

Ini merupakan poin terpenting, jika kamu tidak memiliki tujuan lantas apa gunanya berencana liburan? Destinasi merupakan hal pertama yang harus kamu tentukan. Dengan mengetahui kemana kamu akan bepergian, selanjutnya akan dengan mudah kamu menentukan poin yang lain.

Sumber: http://pixabay.com
Sumber: http://pixabay.com

2. Kapan?

Ingin liburan tapi budget pas-pasan? Ini bukan masalah besar. Jika budget kamu pas-pasan, tentunya traveling perlu kamu rencanakan jauh-jauh hari bukan? Paling tidak minimal tiga bulan sebelumnya kamu harus sudah menentukan kapan kamu ingin bepergian.

Sumber: http://pixabay.com
Sumber: http://pixabay.com

3. Jatah Cuti Ada?

Ini penting banget, jika cuti nggak disetujui oleh bos kamu, lantas apalah gunanya kamu merencanakan poin selanjutnya. Tentunya agar disetujui kamu harus mengajukan jauh-jauh hari, kan?

Sumber: http://pixabay.com
Sumber: http://pixabay.com

4. Bagaimana Untuk Sampai Di Sana?

Hal penting keempat adalah bagaimana kamu akan sampai di sana, ialah kamu harus menentukan akan meggunakan transportasi apa untuk sampai di tujuan. Jika budget kamu pas-pasan, jalur darat adalah keputusan yang paling tepat. Namun kamu juga harus memperhitungkan berapa lama kamu mengambil cuti tahunan.

Sumber: http://pixabay.com
Sumber: http://pixabay.com

4. Di Sana Mau Ngapain?

Entah mau pindah tidur, cari jodoh, atau cari harta karun, kamu harus tahu sesampainya di sana kamu mau ngapain. Tentunya kamu perlu menentukan beberapa destinasi yang akan kamu kunjungi selama di sana.

Sumber: http://pixabay.com

5. Mau Nginep Di Mana?

Sesuai dengan poin-poin sebelumnya, traveler dengan budget pas-pasan tentunya akan lebih aktif untuk mencari kenalan, bukan? Bukan untuk mencari jodoh, tapi tak lain ialah mencari tumpangan, lumayan kan dapat gratisan, sedikit menghemat pengeluaran. Tapi jangan norak dan kampungan, gratis itu harus tetap elegan dan sopan!

Sumber: http://pixabay.com

6. Budget Berapaan?

Setelah mengetahui lima poin di atas, kamu akan lebih mudah menghitung berapa budget yang kamu butuhkan. Tentunya kamu akan lebih tahu detail berapa lama dan berapa banyak kamu harus menabung. Ingat traveler dengan budget pas-pasan tidak tertanggung BPJS, jadi poin ini sangatlah beresiko jika tidak dipikirkan secara matang.

Sumber: http://pixabay.com

7. Jajan Dan Pangan

Backpackeran itu juga butuh jajan dan pangan. Ada baiknya jika kamu tentukan budget pengeluaran untuk mengisi perut yang keroncongan. Meskipun tak sebesar biaya tiket perjalanan, justru poin ini yang sering membengkak karena tak beraturan. Siapkan budget khusus untuk poin ini, agar lebih mudah kamu menentukan dana lain-lain yang tak terduga.

Sumber: http://pixabay.com

Jadi, sudah siapkah kamu untuk liburan? Jangan nekat jika budget kamu belum memungkinkan. Ingatlah saja bahwa sebuah destinasi pilihan yang akan kamu kunjungi nanti tidak akan hilang. Kamu hanya cukup bersabar dan berusaha lebih keras lagi untuk mewujudkan perjalanan impian kamu. Karena itu adalah hal yang juga saya lakukan. 😀

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan