Bukit Klangon, Spot Baru di Lereng Merapi

Menikmati Merapi disaat matahari terbit merupakan momen yang luar biasa. Konon, Merapi akan terlihat memesona ketika matahari mulai muncul dari peraduannya. Namun menikmati pemandangan yang luar biasa ini, akan terkesan berbeda jika kamu mengunjungi spot kece yang baru-baru ini santer terdengar di social media. Ya, sebut saja Bukit Klangon.

Bukit yang terletak di dusun Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini memang sedang hits di beberapa social media. Karena saya penasaran, saya berencana ke sana bersama suami nanti.

Gunung Merapi memang terlihat memesona biasanya di pagi hari. Sehingga saya memutuskan untuk explore Bukit Klangon setelah subuh, tepatnya kemarin ini.



Berbekal info dari rekan saya, Bukit Klangon bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Kurang lebih 5 km setelah The Lost World. Karena saya sudah pernah ke The Lost World sebelumnya, saya rasa, saya nggak perlu menggunakan aplikasi google maps seperti biasa.

Untuk mengakses rutenya memang butuh extra kesabaran. Jalanan yang belum teraspal dan bebatuan besar, membuat saya harus berhati-hati dengan kondisi motor saya.

Kenyataannya berbekal dengan pengetahuan lokasi terdekat menuju bukit tersebut sangatlah tidak cukup. Saya perlu bertanya penduduk sekitar untuk menuju Bukit Klangon ini. Rasanya bahagia sekali, ketika melihat papan petunjuk bahwasanya kami sudah memasuki kawasan Bukit Klangon, setelah melihat pengorbanan yang dilalui sebelumnya.

Saya kira obyek wisata di manapun itu akan terlihat sepi ketika bulan puasa. Namun, yang saya lihat di sini Bukit Klangon rame akan pengunjung. Dan kami beruntung, Merapi saat itu terlihat gagah nan memesona.

Berkeliling ke semua area Bukit Klangon, terdapat beberapa gardu pandang dan juga camping ground yang bisa digunakan untuk pengunjung yang ingin camping atau sekadar bermalam di sana.

Hanya dengan membayar parkir 2.000 saja, saya sudah bisa menikmati pemandangan yang keren ini. Belum ada tiket retribusi resmi di sana, jadi membayar parkir sudah termasuk tiket masuk ke Bukit Klangon.

Jika kamu penasaran dengan Bukit Klangon ini, datanglah di pagi hari. Karena pesona Merapi hanya bisa dinikmati ketika matahari terbit saja, jika kamu terlewat siang, kemungkinan Merapi akan tertutup awan. Kecuali kamu sedang beruntung! 😀

Artikel terkait

14 Komentar

  1. Klangon awalnya lebih dikenal para pesepeda khususnya pecinta downhill. Bahkan tiap hari di sana ramai orang-orang downhill pada main ataupun kompetisi. Sekarang Klangon dikenal khalayak umum karena ada gardu pandangnya.

    1. Hallo Mas Heru, untuk ke Klangon bisa menggunakan motor matic. Saya dulu pake matic juga soalnya. 😀 Tapi memang perlu ekstra hati-hati. Jalanannya bebatuan, tapi kalo udah tiba di desa terdekat jalan sudah aspal mulus.

Tinggalkan Balasan