8 Profesi Yang Liburannya Tak Umum

Kalau sabtu-minggu biasanya merupakan hari libur bagi pekerja, namun tidak berlaku bagi beberapa profesi yang bekerja untuk melayani masyarakat dan khalayak umum. Jangankan akhir pekan, bahkan libur besar seperti lebaran (atau hari keagaaman lainnya) sampai dengan libur nasional pada umumnya, mereka tetap harus masuk kerja demi tuntutan profesi.

Seperti suasana Idulfitri yang merupakan momen yang selalu dinanti. Hampir semua orang, menjadikan momen tersebut sebagai momen dimana semua keluarga berkumpul dan bersilatutahmi. Lantas apa jadinya jika beberapa orang tersebut memiliki profesi dibawah ini, apa masih bisa menyebutnya momen berkumpul keluarga? Berikut profesi yang paling susah libur ketika libur nasional, akhir pekan bahkan sampai lebaran!

1. Dokter dan Perawat

Profesi mulia ini justru siap siaga 24 jam non stop melayani masyarakat. Beliau rela untuk tidak libur hanya demi menjalankan amanahnya. Ada yang memiliki profesi sebagai dokter atau perawat? Selamat, tugas Anda sangat mulia.

2. Staff Hotel

Lebaran merupakan masa peak season. Dimana beberapa orang meluangkan waktunya untuk berlibur atau sekadar mudik dengan menginap di hotel. Apa bisa hotel ditutup serta merta hanya karena lebaran yang notabene bakalan ramai jika musim lebaran. 😀

3. Petugas Bandara, Stasiun, Pelabuhan dan Terminal

Beberapa tempat seperti bandara, stasiun, pelabuhan dan terminal merupakan pintu perantara utama para pemudik untuk pulang ke rumah keluarga masing-masing. Jika mereka diliburkan, ke mana mereka harus membeli tiket mudik?

4. Polisi

Profesi yang satu ini menurut saya paling istimewa. Setidaknya jika profesi yang lainnya bisa duduk nyaman di bawah naungan AC, lain cerita jika profesinya sebagai polisi. Beliau harus benar-benar mengatur lalu lintas demi kelancaran perjalanan para pemudik misalnya.

5. Petugas Pom Bensin

Profesi ini juga termasuk profesi yang tidak mendapat jatah libur di saat musim lebaran. Mungkin ada beberapa, tapi tidak semuanya. Mereka harus tetap terjaga agar para pemudik bisa setiap saat mengisi BBMnya.

6. Travel Agent, Tour Guide, Driver

Sebenarnya profesi ini tak beda jauh dengan staff hotel. Sama-sama bergerak di bidang jasa, profesi ini tentunya tidak mungkin libur saat peak season. Justru peak season adalah saat dimana mereka akan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Pemasangan Alat Pengamanan

7. Reporter

Momen saat lebaran merupakan momen dimana reporter dituntut untuk mendapatkan berita secara langsung agar para pemudik khususnya bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang berita-berita terkini. Mereka juga harus pergi ke suatu daerah tertentu hanya demi memberitakan suatu kejadian secara langsung.

8. Programmer

Profesi yang satu ini merupakan profesi khusus sih, ada beberapa programmer yang bisa libur lebaran, seperti suami saya. Namun, lain cerita jika divisi mereka adalah admin server. Mau tak mau selama 24 jam mereka harus standby, karena sewaktu-waktu mereka akan dibutuhkan.

Menurut kamu, profesi apa lagi yang jika lebaran tidak libur? Apakah kamu termasuk yang saya sebut di atas? Jika kamu bertanya kepada saya, saya akan menjawab. “Ya, dan saya adalah bagian dari mereka.” By the way, Happy Ied Mubarok, selamat berlibur panjang. 😀

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan