Lima Hal yang Perlu Kamu Siapkan Jika Traveling ke Bali

Sunset di Pantai Kuta

“Kamu belum pernah ke Bali?”ย atau mau ke Bali tapi bingung nanti di sana mau ngapain atau ke mana. Kamu tahu Bali merupakan destinasi terbaik di Indonesia, loh? Nah, berikut lima hal yang bisa kamu lakukan sebelum kamu ingin traveling ke Bali.

  • Belilah tiket jauh-jauh hari

Membeli tiket jauh-jauh hari akan mempermudah perencanaan kamu untuk bepergian. Selain murah, kamu tidak akan kerepotan menjelang hari H.

Dan jika kamu ingin backapckeran, jalur darat bisa kamu jadikan pilihan. Tapi kamu perlu memperkirakan estimasi waktu juga yang tersedia, jangan sampai waktu liburanmu hanya cukup untuk di perjalanan saja.

Tiket ke Bali saat ini relatif murah kok, kamu bisa mempersiapkan biayanya beberapa bulan sebelumnya dari gaji kamu. ๐Ÿ˜€

  • Booking hostel atau penginapan murah

Di Bali setiap jengkal kaki melangkah pun di sana pasti ada hotel. Baik hotel berbintang maupun hotel backpacker semuanya ada di sana. Tergantung berapa budget kamu yang tersedia. Biasanya saya menggunakan aplikasi online untuk menengok beberapa list penginapan yang bisa dijadikan sebagai pilihan, hal seperti ini bisa juga kamu lakukan. Booking jauh-jauh hari akan menekan beberapa biaya pengeluaran selama di sana. Dan pastikan kamu nggak akan kerepotan untuk kali pertama mengekplorasi Bali.

  • Rental Motor atau Mobil?

Nah, jika kamu seorang backpacker, rental motor merupakan pilihan tepat selama di Bali. Kamu bisa mendapatkannya melalui mesin pencari google dengan mudah. Sudah mendapatkan benefit antar jemput pula ke bandara. Jika kamu masih sulit untuk mempercayai beberapa agen yang menyewakan kendaraannya, saya punya rekomendasi rental motor di sana.

Namun dengan menggunakan motor saja kamu masih ragu, kamu bisa menyewa mobil. Menyewa mobil di Bali relatif murah, lebih murah dibandingkan Jogja malah. ๐Ÿ˜€

Ada kelebihan dan ada kekurangan di poin ini. Jika kamu ingin menyewa motor (seperti saya), pastikan kamu tahu jelas kemana kamu akan pergi, dan tentunya siapkan peta ya selama di sana. ๐Ÿ˜€

Waktu itu saya menggunakan aplikasi google maps, dan belum pernah nyasar sih selama di Bali. Dengan menyewa motor, kamu akan lebih hemat, harga setiap motornya kisaran Rp75.000 saja kok per hari, sedangkan mobil kisaran harga Rp400.000 per 12 jamnya.

Pantai Pandawa
  • Mau ke mana?

Nah, jika kamu pertama kali ke Bali, tentunya kamu harus rajin melakukan riset. Kamu bisa tanya teman atau google untuk mencari beberapa rekomendasi destinasi wisata yang menarik dan mudah dijangkau. Tentunya kamu perlu memprediksikan estimasi waktu yang kamu miliki.

Pura Ulun Danu Beratan
  • Berbaurlah dengan Warga Lokal

Poin ini adalah hal yang selalu saya lakukan selama traveling. Seperti pergi ke pasar, tawar menawar ketika membeli barang, sampai ngobrol ngalor ngidul bahas sesuatu hal yang tak begitu penting. Kamu akan bisa belajar banyak dengan melakukan hal ini. Setidaknya kamu bisa belajar menghargai perbedaan.

Nah, poin-poin di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi jika kamu ingin traveling ke Bali. Rajin-rajinlah melakukan riset, tentunya akan berguna untuk kamu. Jangan takut sih kuncinya, karena keberanian akan memberikan pengalaman menarik buat kamu ๐Ÿ˜€

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan