Butuh Vitamin Sea? Yuk Intip 8 Pantai Cantik di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Ke Jogja kalau nggak jelajah pantai-pantainya rasanya kurang lengkap. Paling tidak kamu harus menyempatkannya minimal satu hari untuk pantang pulang sebelum hitam. Sayang kan pantai yang cantiknya nggak ketulungan begitu saja dilewatkan? Nah yuk, intip beberapa pantai-pantai cantik yang wajib kamu datangi ketika sedang berada di Jogja!

Pantai Sanglen

Bagi saya, Pantai Sanglen yang terletak di daerah Kemadang, Tangjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta Ini merupakan salah satu pantai paling sepi di antara pantai-pantai lainnya. Dulunya ketika saya ke sana, belum ada akses bagus dan gratis untuk bisa masuk ke pantai ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pantai ini kian di kelola dengan baik oleh penduduk lokal. Terakhir saya ke sana, belum ada fasilitas memadai. Yang ada hanya gubuk reot yang biasanya digunakan warga lokal berteduh ketika udara panas kian menyengat. Camping di sana, bak memiliki pantai pribadi, yang terlihat hanya aktivitas warga yang sedang mencari rumput laut, memancing atau sekadar jalan-jalan.

Pantai Watu Kodok

Nah, lain dengan pantai Sanglen, Pantai Watu Kodok merupakan pantai yang letaknya bersebelahan dengan pantai Sanglen. Hanya berbataskan tebing yang menjulang ke atas, Pantai Watu Kodok bagi saya adalah rumah ke dua untuk pulang. Saya menjadikan pantai ini favorit karena di sana saya merasa memiliki rumah ke dua dengan adanya Bu Saliyem. Bu Saliyem adalah salah satu dari warga lokal yang mengelola pantai Watu Kodok. Beliau berjualan berbagai macam jajan pangan dan kebutuhan akan pengunjung yang ramahnya nggak ketulungan. Pantai yang cantik dengan warga lokal yang begitu baik hati, membuat pantai ini susah untuk saya tinggalkan.

Pantai Drini

Pantai Drini terletak bersebelahan dengan Pantai Watu Kodok. Pantai yang lebih dulu tenar dibandingkan pantai-pantai sebelumnya ini memang memiliki keistimewaan tersendiri. Pantainya unik, memiliki dua bibir pantai yang berbeda ditambah dengan cantiknya tebing yang bisa kamu daki selama pantai dalam keadaan surut. Selain itu, di Pantai Drini kamu juga bisa menyewa perahu kano, bermain pasir atau sekadar menjaring ikan dan karang. Sudah banyak gazebo dan warung-warung yang berdiri di sana. Jadi, kamu nggak perlu khawatir jika bakalan kelaparan ketika di sana. Masakan seafoodnya enak, dua kali pernah mencicipinya rasanya tak mengecewakan kok. Harganya pun masih terbilang murah. Worth it!

Pantai Drini
Pantai Drini

Pantai Watu Bolong

Pantai Watu Bolong terletak di timur Pantai Drini, tepatnya di daerah Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul. Untuk aksesnya masih terbilang tersembunyi, tentu akan sulit untuk menemukannya karena akses jalannya belum ada. Untuk menuju Pantai Watu Bolong, kamu oerlu trekking kurang lebih 15 menit dari pantai Drini dengan membayar retribusi Rp2.000 saja waktu itu. Menyusuri tebing, karang dan bebatuan yang berada di timur pantai Drini. Pantai Watu Bolong ini cocok untuk kamu yang sedang ingin menyendiri, sepinya pantai ini memberikan kesan tersendiri ketika kamu mengunjunginya. Biar greget, kamu bisa sekalian camping ya!

Pantai Siung

Sebenarnya Pantai Siung merupakan pantai lama yang baru-baru ini sering memancarkan keindahannya tiba-tiba. Aksesnya yang jauh dan sulit dijangkau oleh wisatawan membuat orang malas untuk mengunjunginya. Padahal, dari sana kamu bisa melihat sunset sekaligus sunrise jika kamu bermalam di sana. Jika pantai pada umumnya hanya memiliki pasir putihnya, lain cerita dengan Pantai Siung. Ia memiliki tebing yang indah dengan rumput yang hijau yang cocok digunakan untuk berburu sunrise dan sunset. Di sana kamu juga bisa camping loh. Sunset yang merona biru keunguan membuat suasana semakin syahdu.

Pantai Wediombo

By the way, Pantai Wediombo menjadi salah satu pemenang kategori tempat berselancar terpopuler dalam Anugrah Pesona Indonesia 2017. Awal ke sana, tempat ini masih sepi. Jujur sebagai salah satu dari pengunjung wisata, terkadang saya juga malas melaju ke pantai ini, letaknya yang memang jauh di antara pantai-pantai lainnya membuat kebanyakan orang lebih memilih mampir pantai-pantai yang telah dilewatinya. Meskipun, pantai ini begitu cantik merona. Selain bisa berselancar di sana, kamu juga bisa sekadar berjalan-jalan menyusuri pantainya. Jika kamu beruntung, kamu akan menemui lagunanya yang tak kalah cantiknya.

Pantai Jungwok

Untuk saat ini, pantai Jungwok masih terbilang sepi karena akses jalannya yang belum bagus. Biasanya orang mampir ke sana sepaket dengan ke pantai Wediombo. Jika kamu ingin menjajal trekking, kamu bisa mengakses pantai ini dari Pantai Wediombo. Kurang lebih 30 menit, kamu akan tiba di Pantai Jungwok. Pantainya sendiri bersih dan berkarang. Deburan ombak di kala sore sembari menunggu sunset di pantai ini, ah syahdu!

Pantai Timang

Pantai Timang sendiri merupakan salah satu dari puluhan pantai yang ada di Gunungkidul. Terletak di kawasan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, pantai ini masih terbilang sepi oleh pengunjung. Kurang lebih 35km dari pusat kota, pantai ini bisa ditempuh dengan kendaraan apa saja. Namun untuk jalur dari jalan utama ke Pantai itu sendiri kamu perlu menerobos jalanan berkarang sepanjang tiga kilometer. Tentunya kamu perlu mempersiapkan kendaraan khusus untuk menuju ke sana. Jika kamu tak cukup nyali menerobos jalan berkarangnya, kamu bisa menggunakan jasa jeep atau ojek yang ada di perbatasan desa. Di Pantai Timang terdapat gondola dan jembatan yang akan menguji adrenalinmu. Istimewanya, gondola ini hanya seonggok kayu gantung yang ditarik dengan hanya menggunakan tenaga manusia. Bagaimana? Siap uji adrenalin di sana? Harga untuk gondola Rp150.000 dan untuk menyeberangi jembatan kamu akan djikenakan biaya Rp100.000 saja. Sebandinglah dengan pengalaman yang kamu dapatkan. 😛

Jadi, pantai Gunungkidul mana yang sudah pernah kamu singgahi? Untuk memaksimalkan hari, kamu bisa loh bermalam dan sekadar mendirikan tenda di sana!

Happy traveling!

Artikel terkait

4 Komentar

  1. Wediombo sekarang udah mulai naik daun tuh mbak, udah mulai ada paket wisata yang menawarkan main ke situ atau untuk acara camping di situ. Pantai Timang juga udah mulai punya nama berkat gondolanya. Kalau sekarang udah diperbagus pakai besi & lebih aman

Tinggalkan Balasan