Yuk, Intip Itinerary Singkat 3 Hari 2 Malam ke Jogja

Pulang ke kotamu

Ada setangkup haru dalam rindu

Masih seperti dulu

Tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna

Terhanyut aku akan nostalgia

Saat kita sering luangkan waktu

Nikmati bersama

Suasana Jogja

Siapa dari kamu yang tak mengenal lagu yang dilantunkan oleh Kla Project ini? Hampir setiap perhelatan baik resmi atau non resmi di Jogjakarta, lagu ini selalu tak pernah absen untuk dinyanyikan. Pun begitu ketika saya sedang dalam perjalanan menuju kota yang sering disebut kota pelajar ini. Bagaimana dengan kamu?

Nah, buat kamu yang sedang di Jogja dan bingung mau kemana aja, yuk intip itinerary singkat 3 hari 2 malam selama di Jogja.

Destinasi Wisata Selama 3 Hari 2 Malam

Untuk hari pertama, biasanya kamu baru saja tiba dari kota tempat kamu berasal. Lelah selama perjalanan membuat kamu tentu tak ingin terlalu banyak beraktivitas. Sebelum memulai perjalananmu, kamu bisa sempatkan menikmati sarapan gudeg pinggir Malioboro. Suasana riuh Pasar Beringharjo akan nampak syahdu di pagi hari.

Selesai sarapan, kamu bisa menjelajah kawasan Imogiri. Seperti, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobit, Hutan Pinus Asri, Lintang Sewu, Puncak Becici, dan dilanjut menikmati Sate Klathak khas Imogiri. Meskipun untuk sekitaran Imogiri masih banyak destinasi lainnya sih, namun untuk beberapa destinasi yang saya sebutkan di atas sudah cukup membuatmu kelelahan kok!

Kemudian untuk hari kedua, kamu bisa datang pagi-pagi ke lereng Merapi untuk menikmati gagahnya Merapi dengan menggunakan jeep yang jalanannya super ekstrim! Terbayar kok dengan apa yang kamu dapatkan. 😀 Lelah bergoyang-goyang ria menggunakan jeep, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan, Candi ratu Boko, Tebing Breksi dan terakhir menikmati sunset di Candi Ijo. Tempatnya yang berada di dataran tinggi membuat Candi Ijo merupakan spot terbaik untuk berburu sunset. Pemandangan epic yang hijau, bakalan membuat kamu pasti ketagihan!

Dan di hari terakhir, kamu bisa santai-santai di hostel tempat kamu menginap. Siangnya kamu bisa memanfaatkan waktu di hari terakhirmu untuk city tour dan berbelanja oleh-oleh. Kamu bisa mengunjungi home industry Coklat Monggo yang ada di Kotagede, serta kerajinan peraknya. Kamu juga bisa kulineran atau sekadar nongkrong di Malioboro dan Pasar Beringharjo. Sembari berburu oleh-oleh murah di sana, kelihaian kamu dalam tawar-menawar benar-benar diuji loh. Atau kamu juga bisa mengunjungi home industry pembuatan Bakpia Pathok khasnya Jogjakarta.

Dan sebenarnya masih banyak lagi home industry yang bisa dikunjungi seperti Kasongan, tempat pembuatan batik Prawirotaman, tempat pembuatan kain lurik, dan masih banyak lagi. 😀

Itinerary ini hanya sebagai acuan saja ya ketika kamu bingung mau kemana selama di Jogja. Jika kamu mau mengganti destinasi tersebut ya sah-sah saja. Tapi dengan memiliki waktu yang terbatas ada baiknya jika kamu bijak dalam mengatur waktu yang dimiliki.

Transportasi Selama 3 Hari 2 Malam

Ada berbagai alternatif transportasi yang bisa digunakan selama di Jogja. Kamu bisa memanfaatkan rental motor atau mobil murah yang banyak ditawarkan oleh berbagai pemilik jasa rental dan travel. Untuk motor kamu bisa mendapati harga kisaran Rp60.000 sampai Rp70.000 belum termasuk BBM dan pasangan. Dan untuk mobil, kurang lebih untuk harganya Rp600.000/12jam sudah termasuk BBM dan sopir. Nah, mau memilih mobil atau motor, semua keputusan ada di tangan kamu ya. Cukup jodoh saja yang ada di tangan Tuhan. 😛

Pantai Pandawa

Hotel Murah di Jogja.

Bagi saya, hotel bisa dikatakan murah atau tidak itu bisa dilihat dari berbagai fasilitasnya. Namun, jika kamu mengunjungi Jogja dengan ala backpacker, tentu kamu akan memilih untuk tidur di emperan, pom bensin sampai numpang di rumah kawan. Tapi untuk zaman now, hotel dimana pun sudah banyak yang murah. Tinggal kamu rajin atau tidak saja mencari informasi di social media. Bagi saya, jika saya dapat hotel murah sekaligus dengan fasilitas lengkap, kenapa tidak kan? Biasanya saya berlangganan di beberapa online travel agent yang selalu menawarkan berbagai promo setiap harinya. Ada pula yang menawarkan potongan harga sampai 50% di sini. Ngiler nggak? 😛

Quin Colombo by Airy Rooms
Quin Colombo by Airy Rooms

Traveling ke mana saja asalkan tidak menjadi orang yang merepotkan, itu prinsip saya. Dan membuat itinerary sekaligus bugdet yang diperlukan itu wajib untuk saya. Bukan tidak fleksibel, tapi bagi saya semua itu butuh perencanaan, meskipun pada akhirnya nanti bakalan sedikit berantakan sih! Bagaimana dengan kamu?

 

Artikel terkait

3 Komentar

  1. Sudah enak kok itin-nya, mbak. Sekarang emang lebih enak 1 hari fokus keliling obyek2 wisata di 1 kabupaten doang. Klo mau lintas kabupaten (dari pantai trus ke kaliurang atau ke kota), waktunya nggak bakal cukup

    Oiya, klo pinter nyari sewa mobil bisa dapet 350 ribu per hari (tanpa sopir) & 400-500 ribu per hari (dengan sopir), mbak. Tapi klo pas musim liburan ya tetep naik harganya 🙂

Tinggalkan Balasan