Bangkitkan Adrenalin, Eksotika Krasak Jolontoro Mengenalkan River Tubing Seru!

Potensi wisata di Indonesia saat ini memang sedang digandrungi sebagian masyarakat yang tengah haus akan liburan. Mengingat bahwa semakin berkembangnya wisata saat ini, maka di sanalah orang akan mulai mengembangkan dan membangun agar tempat tersebut layak dikenalkan pada dunia. Selain wisata dengan menggunakan konsep gardu pandang, saat ini Jogja mulai mengembangkan wisata dengan konsep menguji adrenalin bagi traveler seperti wisata river tubing misalnya.

Eksotika Krasak Jolontoro adalah salah satu wisata river tubing yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) ini berada di Dusun Sempu, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Wisata ini menyajikan sebuah wisata alam dengan kegiatan river tubing, outbond, homestay dan budaya lokal guna melestarikan tradisi leluhur yang perlu dijaga agar tidak punah dengan seiring berjalannya waktu.

River tubing ini sendiri muncul agar bisa dilakukan oleh anak-anak maupun dewasa, baik yang tidak berpengalaman maupun yang sudah berpengalaman.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk mencoba river tubing yang dikembangkan oleh Eksotika Krasak Jolontoro ini, dengan dibantu oleh Pak Eryanto dan timnya sebagai pemandu rombongan saya saat itu.

Pagi yang cerah membuat saya semangat untuk segera bermandikan air yang jernih.Β  Setibanya di sana saya benar-benar menikmati sejuknya udara lereng Gunung Merapi dan rimbunnya perkebunan salak. Belum begitu ramai, bisa jadi saya dan rombongan datang terlalu pagi waktu itu.

Tiba di sekretariat EKJ, saya beserta rombongan wajib menggunakan pelampung, sepatu dan juga helm sebagai alat keamanan paling utama yang telah dibagikan. Setelah mendapatkan alat-alat tersebut, saya dan rombongan berkumpul untuk menerima beberapa arahan dari Pak Eryanto. Arahan ini sangat penting bagi kamu yang ingin mencoba wisata yang menguji adrenalin seperti river tubing ini. Berbeda jauh dengan rafting yang menggunakan perahu karet, meskipun sama-sama wisata air, river tubing ini biasanya menggunakan ban dalam mobil dengan diberi tali di tengahnya sebagai tumpuan badan. Jadi river tubing lebih dikendalikan oleh diri sendiri.

Untuk nyamannya gunakan pakaian yang berbahan dasar kain katun, nyaman dan ringan. Jangan pakai celana jeans ya, ini wisata air bukan wisata belanja! Khusus untuk cewek, gunakan pakaian dengan warna gelap. Bukan untuk bergaya, melainkan menjaga aurat! πŸ˜€ Dan pastikan kamu sudah sarapan juga, karena river tubing bukan hanya sekadar hura-hura, melainkan wisata air yang membutuhkan banyak tenaga. πŸ˜›

Untuk menuju starting point, saya dan rombongan diantarkan menggunakan mobil pick upΒ dengan membelah perkebunan salak. Kurang lebih 7 menit waktu yang dibutuhkan dengn berjalan kaki untuk akan tiba di tepi sungai. Lumayan olahraga, kalau rejeki ya dapat salak jatuh dari pohon. Haha πŸ˜€

Dengan berdurasi kurang lebih 1,5 jam wisata ini cukup membuatmu puas berteriak sekeras-kerasnya, apalagi bagi kamu yang sedang patah hati, wisata ini sangat saya rekomendasikan! πŸ˜‚

Dengan harga Rp35.000 saja, kamu sudah bisa menikmati wisata river tubing di Eksotika Krasak Jolontoro ini dengan minimal 5 orang. Selain itu, ada berbagai macam paket yang bisa diambil di sana, ada paket yang sudah termasuk makan, ada pula yang sudah termasuk homestay. Untuk harganya pun variatif, mulai dari Rp35.000 – Rp120.000 kamu sudah bisa menikmati wisata ekstrim ini!

Selain river tubing, di Desa Wonokerto ini juga mengembangkan beberapa wisata, ialah kuliner, kerajinan, dan juga kesenian. Untuk kulinernya sendiri, penduduk lokal biasanya memproduksi oleh-oleh dengan bahan dasar salak. Mengingat bahwa kawasan Turi adalah pusat dari perkebunan salak itu sendiri. Untuk pemasarannya, tidak tanggung-tanggung, oleh-oleh ini sudah siap dipasarkan sampai ke mancanegara.

Untuk kerajinannya, desa ini membuat keranjang salak, kerajinan dari janur, sampai kerajinan daur ulang sampah. Hampir semua kerajinan ini memanfaatkan bahan dasar yang sudah disediakan di alam sekitarnya. Dan untuk keseniannya, kamu bisa menikmati Seni Badui Sinar Remaja, Seni Kubro Siswo, Hadroh, dan juga dolanan anak yang sudah disediakan di sana juga kamu mengambil paket all in.Β 

Nah, buat kamu yang penasaran, kamu bisa menikmati wisata ini jika kamu sedang berada di Jogja loh. Untuk bertanya lebih detail, kamu bisa menghubungi Pak eryanto di nomor 087838565771 ya! Dari sini saya juga belajar untuk tidak melawan alam, saya harap kamu pun begitu. πŸ™‚

Happy traveling!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan